Getok Tular


Seth Godin, salah satu guru marketer, punya pandangan berbeda terhadap marketing.

Tidak seperti orang kebanyakan.

Marketing bukan dalam bentuk iklan, promosi, scam.

Tapi marketing bisa dalam bentuk, bagaimana membuat produk yang luar biasa.

Produk yang outstanding, exceptionally extraordinary.

Anda tidak memerlukan banyak kustomer.

Cukup satu kustomer yang bahagia.

Dan dia akan membicarakan produk anda dengan temannya.

Dan temannya akan membicarakan produk itu dengan temannya lagi, begitu seterusnya.

Sama seperti di dunia sosial media.

Kebanyakan dari kita, amat sangat tidak mungkin memulai suatu akun langsung mendapat ribuan follower secara organik.

Tapi kita tidak butuh ribuan follower untuk memulai.

Cukup beberapa follower dan mulai berbagi konten, dan mulai mendengar.

Mengapa Getok Tular


Mengapa Godin punya pandangan seperti itu.

Karena sebenarnya getok tular adalah old basic marketing.

Getok tular sudah ada jauh sebelum ada iklan koran, umbul - umbul, iklan TV, Google Ads, Facebook Ads.

Dan mulai di tahun 2000-an, Godin mengamati orang sudah mulai jenuh terhadap iklan TV dan banner.

Pun sampai sekarang, banyak dari kita memasang add-on untuk memblok iklan di browser.

Sehingga cara terbaik adalah kembali ke basic, yaitu menonjolkan kelebihan produk.

Sebagai contoh sederhana adalah produk obat.

Saat saya sakit gigi yang teramat sangat, Ibu saya memberi obat Cataflam yang biasa dibawanya.

Karena manjur, saya-pun ikut membeli.

Contoh lain di design mobil.

Bagaimana ketika Mitsubishi Xpander keluar, dia langsung jadi kiblat bagi design produk mobil yang lain.

Di jalanan, dia sangat berbeda dari design mobil MPV pada umumnya.

New Ertiga, Avanza, Xenia, semua designnya langsung malu - malu mengikuti.


Comments