Tips Bangun Sholat Subuh Berjamaah



Sulit membangunkan anak laki untuk sholat Subuh berjamaah di Masjid?, berikut tips yang saya dapatkan dari Parenting sekolah anak saya.
  • Janjikan reward, saya janjikan anak saya dapat mainan favoritnya setiap Minggu. Tidak perlu yang mahal, saya anggarkan cukup mainan yang harganya sekitar 20 ribu - 40 ribu.
  • Jangan tidur terlalu larut malam.
  • Sebelum anak kita tidur, beri dia perkataan kalau nanti akan dibangunkan Subuh.
  • Set alarm HP dua kali, yang pertama 30 menit sebelum adzan Subuh, yang kedua 15 menit sebelum adzan.Sebelum anak bangun, ayahnya harus bisa bangun duluan 😏.
  • Jika masih rewel tidak bisa bangun, usapkan air ke mata, hidung, dan telinga.
  • Dudukkan dulu, setelah itu beri minum air putih.
  • Bantu angkat berdiri untuk diarahkan wudhu.
  • Siap untuk pergi ke Masjid.
  • Dan yang penting, istiqomah.
Di Parenting kami diberi pengandaian, bagaimana jika rumah terbakar dan di dalam kamar ada anak kita tidur. Pasti demi keselamatannya kita akan berusaha mengeluarkannya bagaimanapun caranya. Sampai diseret - seret jika perlu. 

Begitu pula dengan sholat Subuh, dengan segala keutamaannya, maka sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Kita pasti ingin bangunkan anak kita supaya dia terbiasa sampai besar.

Setelah sholat Subuh, habit selanjutnya anak saya biasanya lanjut mengerjakan PR, atau mengaji. Di hari libur dia biasanya bebas bermain. 
Demikian tips dari saya, jangan lupa para Ayah, parenting itu ada gunanya juga lho, so jangan lewatkan ya.


Comments