Apa Itu Oberlo?



Saya mengenal Oberlo dari berselancar di Youtube, belajar mengenai apa itu dropship.
Secara singkat Oberlo adalah sebuah tools atau plugin untuk Shopify (platform web ecommerce atau toko online berlangganan) yang memberi solusi bagi seller yang ingin menjual barang dari AliExpress.

Jika biasanya seller harus satu demi satu entri barang, upload foto, mengisi deskripsi ke toko onlinemu (Shopify), dengan Oberlo jauh lebih mudah. Tinggal pilih satu atau banyak barang, dan barang akan diimport ke daftar produk toko online kita.

Setelah itu kita dapat merubah title atau judul, markup harga, menambah foto, dan lain-lain.

Selain mengambil produk dari AliExpress, Oberlo juga menyediakan daftar supplier USA, sehingga waktu pengiriman lebih cepat.

Tips

Beberapa tips sebelum menambah produk di toko online Shopify kita, yaitu :

  1. Riset produk terlaris. Oberlo punya daftar produk yang sedang laris saat ini. Bahkan jika mengikuti channel Youtube-nya, kita juga diberi info barang-barang apa saja yang kira-kira akan banyak dicari customer dalam 2 atau 3 bulan ke depan. Misal beberapa bulan ke depan akan musim hujan, maka biasanya demand payung atau jas hujan akan meningkat. 
  2. Usahakan toko fokus ke sub-niche atau sub dari sub kategori, bukan palugada (Apa Lu Minta Gue Ada). Jika menciptakan toko Palugada maka toko kita akan seperti Amazon, Tokopedia, dan lain-lain. Fokus ke satu sub-sub kategori akan memudahkan kita menyasar market. Terutama jika kita menggunakan Facebook Ads.
  3. Coba dulu beli produk yang akan dijual. Supaya kita mengerti berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai ke rumah kita, berapa biaya ongkos kirimnya, apakah paket dibungkus rapi, dan bagaimana kondisi barang, apakah layak untuk dijual. Beberapa barang ada yang gratis ongkos kirim. Karena AliExpress adalah marketplace dari China, maka biasanya butuh waktu 1 bulan sampai ke rumah kita.

Berapa harganya?

Untuk paket Starter, atau gratisannya saya rasa sudah cukup bagus fitur-fiturnya. Terutama fitur jumlah produk bisa sampai 500 barang-biasanya tidak sampai sebanyak ini-, unlimited orders, setting markup harga otomatis-bisa dinaikkan berapa persen dari harga AliExpress.

Lebih lengkapnya ada disini :  https://www.oberlo.com/pricing.

Tutorial Oberlo

Saya belum pernah melihat contoh toko online Indonesia yang menggunakan Oberlo ini, kebanyakan tutorial di Youtube menyasar pasar USA atau Eropa.

Lebih lengkap cara import barangnya, bisa dilihat di channel Youtube berikut.



Semoga membantu.

Comments