Cara Update Aplikasi Internet Banking BRI Dari Play Store



Setting update aplikasi Google Play saya buat manual agar lebih terkontrol dan tidak kaget jika setelah update, aplikasi malah tidak bisa digunakan.

Dan untuk urusan update aplikasi BRI ini memang lebih riweh dari yang lain. Super riweh mungkin tepatnya.
Tapi saya sedikit memahaminya sebagai langkah pengamanan.

Langkahnya kurang lebih sebagai berikut :
  1. Update dari Google Play.
  2. Buka aplikasi.
  3. Pilih menu Internet Banking. Jangan keliru Mobile Banking ya, karena Mobile Banking sebenarnya adalah SMS Banking yang perintah SMS-nya dibungkus dalam bentuk menu di aplikasi.
  4. Masukkan username password.
  5. Klik tombol Download. Ya, dimulailah keriwehan. Muncul pesan agar kita membuka website internet banking BRI lewat browser dan download dari website tersebut.
  6. Dari website tersebut kita akan dikirim SMS link download aplikasi. Ini yang penting, jangan fokus ke SMS, tapi Logout dulu dari website. Supaya nanti tidak gagal login dari aplikasi karena akan dikenali sebagai, masih login.
  7. Klik link dan akan terbuka browser, proses download dimulai setelah beberapa detik.
  8. Setelah download berhasil, install apk dan buka aplikasi.
  9. Pilih menu internet banking.
  10. Login menggunakan username password.
  11. Klik tombol aktivasi. Tombol ini akan melakukan SMS ke server BRI, dan respon SMS adalah kode aktivasi yang langsung dikenali oleh aplikasi. Langkan ini yang sering dikeluhkan berulang kali tidak bisa aktivasi. Karena jika di langkah 6 tidak logout, maka akan muncul pesan anda masih dalam sesi login.
  12. Jika aktivasi sukses maka akan terbuka menu internet banking.
Demikian mohon kesabaran dari para nasabah :).

Dalam salah satu komentar ada yang menyarankan agar BRI meniru sistem BTPN Jenius - yang mana saya sendiri belum mencoba - yang dianggap lebih mudah pengoperasiannya sebagai nasabah.

*Update 17 Februari 2019
Buka Google Play ternyata ada update aplikasi BRI. Saya tahu proses update akan berisiko tinggi, tapi saya punya Plan B.

Setelah klik update dan proses download di Play Store selesai, maka saya pun klik aplikasi.
Aplikasi dapat terbuka, tidak ada masalah dan muncul tampilan berikut.


Setelah mengisi User ID dan Password, klik tombol Download. Maka akan terbuka browser yang akan mendownload BRI-Mobile-Update.apk dengan size 2.93 MB.

Klik apk tersebut, dan biasanya kita akan diminta untuk enable Unknown sources. Menu ini di Samsung ada di Settings - Lock screen and security.

Setelah enable Unknown sources maka proses instalasi lanjut, dan eng-ing-eng..apk tersebut GAGAL..😈.

Mau bagaimana lagi, jika kembali buka aplikasi maka akan berulang disuruh download lagi.

Ya sudah jalankan Plan B : UNINSTALL..😂

Kembali install ulang dengan membuka https://ib.bri.co.id di browser. Setelah itu login dan mulai proses Nomor 6 diatas.

Semoga Membantu 😉😊

Update Juli 2019 :
Sudah ada aplikasi Brimo yang lebih mudah updatenya lewat Play Store. Tapi daftarnya tetap lewat kantor BRI terdekat ya guys 🤗


Comments