Cara Menjual Produk Software Consumer Based


Ada beberapa cara untuk memulai produksi software ketika anda mempunyai ide produk yang menurut anda akan membantu dan menolong orang lain.

1. Validasi Ide Produk

Mulai dari mendiskusikan ide anda dengan komunitas yang kira - kira mempunyai member potensial. Ajak bicara dan berkomunikasi, baik langsung maupun menggunakan media sosial. Temukan apakah mereka merasa terbantu produk anda. Rekrut mereka untuk segera menggunakan produk MVP.

2. Prototipe MVP produk

MVP produk bisa diartikan produk yang workable, dengan fitur basic. Misal jika produk anda adalah sepeda, maka sepeda tersebut minimal sudah mempunyai roda, rantai, stang, sadel, rem, dan velg agar bisa dikayuh dan dikendarai. Tapi belum dipoles, dicat, atau beberapa komponen masih belum standar sehingga belum layak diproduksi massal.

3. Perkembangan produk

Temukan apakah pengguna yang sudah mencoba produk anda akan merekomendasikannya ke pengguna yang lain. Bersikaplah terbuka untuk menerima saran dan kritik agar produk dapat lebih baik. Jika terlalu banyak komplain atau tidak ada follow up dari pengguna bisa saja produk anda tidak cukup baik. Atau dalam beberapa hal, produk anda dirasa visinya terlalu jauh ke depan dan belum cocok diimplementasikan sekarang.

4. Menulis artikel produk di blog atau Medium

Jika anda sudah merasa percaya diri tentang kehandalan produk, ceritakan di artikel bagaimana produk anda telah membantu beberapa pengguna awal. Akan lebih baik lagi jika pengguna awal itu yang berinisiatif menulis rekomendasi.

5. Launching produk

Untuk produk software, launching produk anda di ProductHunt. Ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan pengguna potensial.

Tulisan ini lebih kurang juga sebagai referensi pribadi untuk produksi software.
Semoga berguna.

Comments