Sales Yang Bahagia

Dalam satu acara di Cooking Empire, di salah satu Cooking Channel, menceritakan tentang penjual es cendol yang berjualan di salah satu food court di Singapura.

Salah satu kustomernya bilang, " pasti kamu sedang berbahagia hari ini, es cendolnya enak ".

Sejak saat itu dia memastikan jika akan bekerja, dia harus dalam keadaan bahagia, agar makanan yang dijual enak. Dan pelanggan-pun akan loyal.

Happiness ini mungkin bisa diterapkan dalam jasa lainnya.

Sebagai programmer atau developer, baik menjual produk ataupun jasa konsultan, kita dinilai dari kecepatan delivery software.

Untuk jasa konsultan kita sering tidak bahagia karena deadline yang tidak logis. Produk-pun dideliver apa adanya. QC atau Quality Control dan testing dilakukan sambil produksi.

Kebahagiaan bisa didapat jika klien atau kustomer mengerti apa yang dia mau dan dia butuhkan. Bahkan mengetahui detil proses yang harus dilakukan untuk mencapai goal.

Itu tadi kebahagiaan yang didapat. Bagaimana dengan kebahagiaan yang kita ciptakan sendiri?.

Sebagai developer, selalu motivasi diri anda bahwa terkadang pembeli jasa tidak hanya menilai penjual jasa, tapi juga menilai masing-masing pribadi yang berperan sukses menciptakan goal.

Siapa tahu pembeli jasa akan merekrut masing-masing pribadi sukses tersebut.

Sebagai konsultan, tentu saja motifasinya untuk memperkaya portofolio. Dan produk jasa tersebut memang sudah terbukti membantu proses bisnis klien atau kustomer.

Sehingga siapa tahu membantu pemasaran jasa sejenis di klien lainnya.

Untuk pemilik produk-bukan jasa konsultan-tentunya bisa sepenuhnya mengembangkan produk dengan hati dan passion. Tapi memang syaratnya berat. Yaitu, pengguna produk yang banyak dan modal yang besar.

Kepastian pengguna produk yang banyak akan memvalidasi pasar. Bahwa produk memang sangat dibutuhkan.

Kepastian itu akan membuat pemilik modal dan investor berlomba-lomba menaruh uangnya ke kita. Dengan harapan modal akan kembali dengan keuntungan berlipat - lipat.

Syarat lain yaitu produk tidak mudah ditiru kompetitor.

Sangat mudah membuat aplikasi chat. Tapi apakah aplikasi chat itu mampu bertahan stabil dan cepat jika yang menggunakan adalah warga di lima benua?. Di banyak platform?.

Belum lagi tuntutan memperkaya fitur tidak hanya chat, tapi juga group, file sharing, audio/video call, payment, dan lain - lain.

Kembali ke sales yang bahagia, pastikan dimanapun anda akan menjual jasa atau produk, hanya satu tips, yaitu pastikan anda bahagia dulu sebelum menjual, mungkin berguna.

Jika sedang dalam keadaan sedih atau malah sedang marah, jangan paksakan menjual, karena pasti akan berimbas ke layanan dan loyalitas kustomer.

Comments